Note

RBA Beri Statement Hawkish, AUD/USD Melambung

· Views 18

Reserve Bank of Australia pada hari Selasa (03/Agustus) mempertahankan suku bunga acuan di level terendah 0.1 persen. Angka ini telah sesuai dengan ekspektasi ekonom dalam jajak pendapat Reuters sebelumnya. RBA dalam statement terbaru-nya siang ini menegaskan bahwa periode suku bunga rendah masih berlangsung lama setidaknya hingga tahun 2024 mendatang.

RBA Beri Statement Hawkish, AUD/USD Melambung
Meski kenaikan suku bunga masih lama terjadi, namun pelaku pasar lebih memperhatikan pengumuman kebijakan moneter. Pembuat kebijakan RBA dalam statement terbaru siang ini mengatakan bahwa secara keseluruhan perekonomian Australia pulih lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Meski dibayangi oleh lonjakan kasus Covid Delta, namun petinggi RBA dengan optimis mengatakan bahwa ekonomi akan berakselerasi cepat apabila wabah mereda, sama seperti pengalaman sebelumnya.

Dalam statement lanjutan, RBA juga memutuskan tetap akan melanjutkan program tapering pembelian obligasi yang dimulai awal bulan September mendatang. Keputusan inilah yang disambut positif oleh pelaku pasar yang mencerminkan sikap optimisme Bank Sentral Australia itu meski perekonomian sedang dibayangi oleh virus Corona Delta.

Dewan pembuat kebijakan RBA juga membahas mengenai kondisi pasar tenaga kerja Australia yang dinilai semakin pulih, seiring dengan tingkat pengangguran (Unemployment Rate) yang turun menjadi 4.9 persen di bulan Juni. Tidak hanya itu saja, trend inflasi juga diperkirakan akan stabil tahun ini sejalan dengan perbaikan sektor ketenagakerjaan negeri Kanguru.

Namun, petinggi RBA menambahkan bahwa prospek ekonomi kedepan masih dalam ketidakpastian karena menurut ahli dari US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa varian Delta bersifat sangat menular dan kemungkinan lebih berbahaya dibandingkan varian sebelumnya.

Berlanjutnya program tapering oleh RBA menjadi katalis positif yang mendasari kenaikan signifikan dolar Australia melawan greenback siang ini. Pair AUD/USD saat ini diperdagangkan pada kisaran 0.7402 atau menguat 0.61 persen dari harga open harian. Fokus pelaku pasar selanjutnya kini bergeser menuju rilis data NFP AS yang dijadwalkan akan dirilis pada hari Jumat mendatang. Data payroll negeri Paman Sam ini akan menjadi katalis pasangan mata uang ini selanjutnya.

RBA Beri Statement Hawkish, AUD/USD Melambung

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.