Note

Investor Respons Data Inflasi Juli, Rupiah Diperkirakan Menguat

· Views 21

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah diprediksi dapat kembali menguat di tengah sikap investor yang tengah menunggu rilis data ekonomi AS serta respons data inflasi.

FX Senior Dealer Bank Sinarmas Deddy mengatakan nilai tukar rupiah berpeluang menguat ke kisaran Rp14.300 pada perdagangan Selasa (3/8/2021).

“Ruang penguatan rupiah hari Selasa masih cukup terbuka pada kisaran Rp14.350 – Rp14.450,” katanya saat dihubungi Senin (2/8/2021).

Menurutnya, sejauh ini belum banyak sentimen signifikan yang akan mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah. Investor tengah menanti data non farm payroll dari AS yang akan dirilis pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 40 poin atau 0,28 persen ke level Rp14.422 per dolar AS pada Senin (2/8/2021). Sementara itu, indeks dolar AS terpantau melemah 0,191 poin atau 0,21 persen ke level 91,983.

Sementara itu, data yang diterbitkan Bank Indonesia pada Senin kemarin  menempatkan kurs referensi Jisdor di level Rp14.456 per dolar AS, menguat 6 poin dari posisi Jumat (30/7/2021) pekan kemarin di level Rp14.462.

Terkait hal itu, Deddy menjelaskan. penguatan rupiah pada Senin kemarin sejalan dengan tren positif mata uang regional yang juga terapresiasi terhadap dolar AS. Salah satu sentimen utama yang mempengaruhi penguatan rupiah adalah rilis data inflasi inti bulan Juli yang terjaga di level 1.4 persen.

“Di samping itu, pergerakan positif di pasar saham juga turut membantu kestabilan pergerakan rupiah di level Rp14.425 - Rp14.470 pada Senin kemarin,” katanya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.