Note

PPKM Level 4, Pertumbuhan Ekonomi Luar Jawa-Bali Bisa Minus Lagi

· Views 20
PPKM Level 4, Pertumbuhan Ekonomi Luar Jawa-Bali Bisa Minus Lagi
Ilustrasi/Foto: Antara Foto
Jakarta

Pemerintah menyatakan kasus COVID-19 di luar Jawa masih meningkat. Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual.

"Kita masih melihat beberapa daerah masih belum turun dan ada kenaikan, terutama untuk daerah luar Jawa. Tapi berdasarkan pengalaman di Jawa, kita akan segera replikasikan ke luar Jawa," kata Budi, Senin (2/8/2021).

Seperti diketahui, hari ini bertepatan dengan akhir PPKM Level 4 di luar dan Jawa-Bali. Pemerintah belum mengumumkan secara resmi langkah selanjutnya apakah akan diperpanjang atau dilonggarkan.

Meski begitu, para ekonom melihat dengan kenaikan kasus dan penekanan mobilitas melalui PPKM berlevel di luar Jawa-Bali sama berdampaknya bagi kegiatan ekonomi. Bahkan, di luar Jawa dapat terkoreksi lebih dalam daripada pertumbuhan ekonomi di Jawa.

"Bisa minus lebih dalam khususnya Sumatera dan Kalimantan," ujar Direktur Celios (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira kepada detikcom, Senin (2/8/2021).

Kondisi ekonomi di luar Jawa-Bali sampai kuartal I-2021 menurut BPS di wilayah Kalimantan -2,23% dan Sumatera -0,86%. Sedangkan di Maluku dan Papua tumbuh 8,9% dan Sulawesi tumbuh 1,2%.

"Tapi itu data kuartal I, perkembangan sampai kuartal II diperkirakan wilayah luar Jawa-Bali mengalami pemulihan positif terdorong investasi dan pemulihan harga komoditas ekspor. Masalahnya pada saat PPKM di Juli-Agustus ini situasi tentu cukup berat bagi luar Jawa-Bali, pemulihannya bisa macet dan kembali minus untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan," sambung Bhima.

Meski ekonomi terkoreksi, kesehatan tetap jadi acuan utama. Cek halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.