Note

Kawinkan 2 Hal Ini Biar Bisnis Anda Tidak End!

· Views 15
Jakarta

Era digital dan pandemi COVID-19 memaksa pelaku bisnis untuk putar otak. Lantaran kalau tidak bisa mengadaptasi dengan kondisi saat ini, usaha yang digeluti akan ditinggal orang.

"Secara pribadi, saya melihat offline dan online dua hal yang tidak dapat dipisahkan, simultan gitu ya. Ibarat kata kita ingin perbaiki rem atau ban dulu, sama-sama penting ini itu yang perlu kita pahami bersama karena apa," ujar Konsultan Manajemen Yanuar Andrianto dalam program d'Mentor detikcom, Rabu (28/7/2021).

Yanuar katakan walaupun tidak semua bisnis yang offline dapat bertransformasi digital. Pada akhirnya era digital dan pandemi telah mengubah kebiasaan belanja dari masyarakat.

"Kalau zaman SD dulu kita di doktrin ini perusahaan barang atau jasa, nah sekarang sudah sulit, misalnya ke kafe yang paling gampang, kafe itu perusahaan barang atau jasa sekarang sudah tidak bisa dilihat barang atau jasa. Sekarang orang di kafe itu bukan untuk makanannya, tapi experience bisa ngobrol dengan nyaman bisa gibah dengan nyaman," kata Yanuar

Yanuar menjelaskan oleh karena itu untuk memenangkan hati pelanggan di era digital dan pandemi COVID-19. Baik itu usaha online atau offline harus bisa membawa atau meningkatkan pengaruh teknologi ke pelanggannya.

"Mau itu perusahaan online atau offline dia harus bisa memperbaiki digital experience, misalnya paling gampang payment bayar masa cash? Kita sekarang sudah protes ke toko pembayaran sudah tidak dengan e-wallet, jadi perusahaan offline harus meningkatkan digital experience," tutupnya.

(edo/gah)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.