Note

Perumahan Subsidi Pakai Listrik 900VA, Kok Ada yang Tak Dapat Diskon?

· Views 21
Perumahan Subsidi Pakai Listrik 900VA, Kok Ada yang Tak Dapat Diskon?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang stimulus berupa diskon listrik hingga Desember 2021. Namun, pemberian diskon ini menimbulkan tanya karena perumahan subsidi yang menggunakan listrik 900VA ada yang tidak mendapatkan diskon.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menjelaskan, pemerintah sejak tahun 2017 telah membagi golongan 900VA menjadi dua golongan yakni 900VA golongan mampu dan 900VA tidak mampu.

"Jadi memang sejak 2017, ada update data dari DTKS data terpadu kesejahteraan sosial di mana memang di dalamnya kita sudah mulai memilah bahwa pelanggan 900VA ini dipilah dan digolongkan ada 2 macam, golongan 900VA golongan mampu, dan golongan rumah tangga tidak mampu," terangnya dalam acara webinar FMB9, Kamis (29/7/2021).

Dia mengatakan, golongan 900VA mampu dikeluarkan dari DTKS dan tidak diberi subsidi listrik. Sementara, 900VA yang tidak mampu diberi subsidi dan diberikan stimulus berupa diskon listrik.

"Yang tidak mampu ada dalam DTKS, masih menerima subsidi hingga hari ini termasuk stimulus," katanya.

Patut diketahui, diskon listrik diberikan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat karena terdampak pandemi COVID-19. Diskon listrik di antaranya diberikan kepada golongan rumah tangga 450 VA dan 900VA bersubsidi.

Untuk, 450VA diskon listrik yang diberikan sebesar 50%. Sementara, untuk 900VA subsidi diberikan diskon 25%.

(acd/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.