Note

Harga Emas Melemah Seiring Bergesernya Selera Risiko Investor

· Views 30
Harga Emas Melemah Seiring Bergesernya Selera Risiko Investor

Harga emas di pasar spot pada hari ini, Kamis (22/7) pukul 08.15 WIB, melemah 0,1% ke US$1.801,92 per ons. Sementara itu, harga emas di pasar COMEX juga melemah 0,04% ke US$1.802,7 per ons di waktu yang sama.

Pelemahan harga emas hari ini disebabkan oleh menguatnya kinerja musuh bebuyutan emas, yakni tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Pagi hari ini, tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun berada di level 1,28%, atau meningkat dibanding posisi kemarin 1,21%. Kondisi ini seharusnya bikin investor berpaling dari emas dan mulai kembali menggenggam obligasi. Sebab, opportunity cost menggenggam emas menjadi meningkat di saat yield meningkat.

Sementara itu, musuh emas lainnya yakni nilai dolar AS malah cenderung melemah.

Pagi hari ini, nilai indeks dolar AS berada di posisi 92,8 atau melemah dibanding 93,01 kemarin. Melemahnya nilai dolar AS seharusnya membuat harga emas relatif lebih murah bagi investor yang jarang bertransaksi menggunakan mata uang tersebut. Sehingga, permintaan emas pun akan menanjak, dan berpotensi mendorong laju harga emas.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Melemah di Tengah Kekhawatiran COVID-19 Delta

Sentimen Utama Harga Emas Hari Ini

Harga emas tertahan berkat selera investor yang mendadak kembali optimistis ke pasar modal dan juga obligasi AS di pertengahan pekan ini. Selain peningkatan yield obligasi AS, pergeseran selera investor itu juga terlihat di kinerja pasar modal AS.

Kemarin, indeks S&P 500 bertumbuh 0,82% sementara Nasdaq dan Dow Jones masing-masing lompat 0,92% dan 0,83%. Padahal, kinerja pasar modal AS sempat meredup di awal pekan seiring kekhawatiran investor mengenai penyebaran COVID-19 varian Delta.

Sebelumnya, investor khawatir bahwa penyebaran COVID-19 Delta akan membuat ekonomi kembali mengalami penutupan. Kegiatan ekonomi yang terhenti akan berpengaruh ke kinerja keuangan beberapa perusahaan, yang merupakan aspek fundamental dari harga saham-sahamnya.

Selain itu, kini pelaku pasar mulai ancang-ancang untuk mengantisipasi pertemuan pejabat The Fed pada pekan depan.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Melemah di Tengah Maraknya Sentimen Positif

Download Aplikasi Pluang di Sini!Investasi emas, S&P 500, aset kripto, reksa dana dalam satu aplikasi

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto dan reksa dana! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Reuters, Bloomberg, CNBC

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.