Note

Perkiraan USD/JPY: Siap Untuk Naik Lebih Lanjut, Stimulus/Data Inflasi AS Menjadi Fokus

· Views 13
  • Kombinasi faktor-faktor memberikan dorongan kuat untuk USD/JPY pada hari Kamis.
  • Bull mengambil isyarat dari melonjaknya imbal hasil obligasi AS dan suasana pasar yang optimis.
  • Fokus pasar tetap pada rilis indeks harga PCE inti hari Jumat.

Yen Jepang adalah mata uang berkinerja terburuk pada hari Kamis dan ditekan oleh kombinasi faktor, memicu reli yang kuat pada pasangan USD/JPY. Sentimen risiko global yang sudah lebih kuat mendapat dorongan kuat sebagai reaksi terhadap laporan bahwa Presiden AS Joe Biden akan mengumumkan anggaran $6 triliun untuk tahun fiskal 2022. Ini terjadi setelah pemerintah Jepang memangkas prospek ekonominya untuk pertama kalinya dalam tiga bulan, yang mana terus melemahkan safe-haven JPY.

Di sisi lain, kenaikan tajam dalam imbal hasil obligasi Treasury AS membantu menempatkan harga dasar tentatif di bawah dolar AS dan memberikan dorongan tambahan untuk mata uang utama. Bahkan, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun melonjak kembali di atas level acuan 1,60% di tengah kekhawatiran tentang pasokan utang pemerintah yang akan datang. Ini semakin memicu kekhawatiran tentang meningkatnya tekanan inflasi, yang mungkin memaksa The Fed untuk bertindak lebih cepat dan mengetatkan kebijakan moneternya lebih cepat daripada nanti.

Di sisi data ekonomi, jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun ke level terendah sejak pertengahan Maret 2020. Sebuah laporan terpisah mengkonfirmasi bahwa ekonomi AS tumbuh 6,4% dengan kecepatan tahunan selama kuartal pertama 2021. Menambah ini, Pesanan Barang Tahan Lama menunjukkan percepatan dalam pengeluaran bisnis untuk peralatan. Namun, reaksi pasar terhadap data tersebut ternyata tidak terdengar karena fokus tetap pada rilis indeks harga PCE hari Jumat.

Namun demikian, pasangan ini menetap di dekat ujung atas kisaran perdagangan hariannya dan naik ke level tertinggi sejak 9 April selama sesi Asia pada hari Jumat. Investor akan mendapatkan bacaan lain tentang inflasi AS nanti selama awal sesi Amerika Utara ketika Biro Analisis Ekonomi AS (BEA) merilis pengukur inflasi yang disukai Fed. Data tersebut akan memainkan peran penting dalam mempengaruhi dinamika harga USD jangka pendek. Selain itu, imbal hasil obligasi AS dan sentimen risiko pasar yang lebih luas mungkin lebih jauh berkontribusi untuk menghasilkan beberapa peluang perdagangan di sekitar mata uang utama.

Prospek teknis jangka pendek

Dari perspektif teknis, pergerakan semalam dan kekuatan berkelanjutan di atas level Fibonacci 61,8% dari prospek penurunan 110,97-107,48 mendukung untuk kenaikan tambahan. Beberapa pembelian lanjutan di luar batas psikologis penting 110,00 akan menegaskan kembali pandangan positif dan membuka jalan bagi pergerakan menuju resistance horisontal 110,65-70. Momentum selanjutnya bisa diperpanjang dan memungkinkan bull untuk melakukan upaya baru untuk menaklukkan angka 111,00.

Di sisi lain, puncak bulanan sebelumnya, di sekitar wilayah 109,65-60, bertepatan dengan level Fibo 61,8%, sekarang tampaknya melindungi sisi bawah langsung. Setiap penurunan lebih lanjut sekarang dapat dilihat sebagai kesempatan membeli di dekat support horisontal 109,35-30. Ini diikuti oleh level Fibo 50% dan angka 109,00, yang sekarang harus bertindak sebagai dasar yang kuat untuk pasangan. 

Perkiraan USD/JPY: Siap Untuk Naik Lebih Lanjut, Stimulus/Data Inflasi AS Menjadi Fokus

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.