Note

PGN & Kawasan Industri BUMN Sinergi Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi

· Views 12
PGN & Kawasan Industri BUMN Sinergi Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi
Foto: PGN
Jakarta

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) merupakan subholding gas dan bagian dari holding migas Pertamina. Saat ini, PGN tengah berupaya mendorong daya saing industri agar dapat menumbuhkan ekonomi nasional serta meningkatkan pemanfaatan gas bumi nasional.

Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN, PGN sebagai pemasok gas bumi dapat menjadi penyedia dan berkolaborasi dengan Kawasan Industri (KI) BUMN. Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan energi yang ramah lingkungan dan mendukung daya saing produk dengan efisiensi gas bumi.

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto mengungkapkan pihaknya akan mendukung pengembangan Kawasan Industri Baru sesuai RPJM 2020-2024 di luar Pulau Jawa. Hal itu selaras dengan program Gasifikasi Pembangkit Listrik sesuai Permen ESDM 13/2020 yang sedang dijalankan PGN untuk mendorong pertumbuhan industri di kawasan Indonesia timur.

Dengan portofolio pasokan terkontrak dengan pemasok di hulu kurang lebih 1.000 BBTUD, lanjutnya, PGN diproyeksikan dapat memenuhi kebutuhan gas bumi di KI. Hal itu ia sampaikan dalam Rakor Bersama Kawasan Industri BUMN di Yogyakarta, Rabu (26/5).

"Target PGN dalam jangka pendek adalah segera melaksanakan joint study bersama dengan pengelola Kawasan Industri untuk memetakan potensi kebutuhan gas bumi beserta moda transportasinya di Kawasan Industri. Saat ini Indonesia juga sudah memasuki era LNG, sehingga infrastruktur pendukung seperti virtual pipeline dapat dibangun untuk menjangkau wilayah Indonesia timur secara lebih luas," ujar Haryo dalam keterangan tertulis, Kamis (27/5/2021).

Kolaborasi dengan KI BUMN sejalan dengan target Kemenperin untuk terciptanya 156 Kawasan Industri dengan jumlah lahan 65.000 hektare industri hingga akhir 2021. Per Juni 2020, terdapat 118 Kawasan Industri di Indonesia dengan lahan sekitar 51.861 hektare.

Secara keseluruhan, PGN telah menyalurkan gas bumi kepada 75 Kawasan Industri di Indonesia. Di Sumatera sebanyak 14 KI, Jawa Barat sebanyak 42 KI, dan Jateng & Jatim 19 KI. Jumlah pelanggan industri yang dilayani sebanyak 636 Industri dengan volume sebesar 236 BBTUD. Beberapa sektor industri yang menyerap volume besar adalah petrokimia, industri logam dan baja, keramik, kaca/ glassware, pulp & paper, tekstil hulu.

PGN & Kawasan Industri BUMN Sinergi Tingkatkan Pemanfaatan Gas BumiRakor PGN Bersama KI BUMN Foto: PGN

Milestone penting terkini mengenai kerja sama dengan kawasan adalah PGN telah menandatangani pokok-pokok perjanjian (HOA) penyediaan pasokan gas dan infrastruktur pendukungnya dengan KI Kendal dengan estimasi kebutuhan gas sebesar 37 BBTUD dan KIT Batang sebesar 10 BBTUD.

"PGN terus mendorong agar kerja sama dengan kawasan industri dapat segera terealisasi, khususnya di KI di wilayah Indonesia timur. Mengingat sampai saat ini, KI di Indonesia masih dominan di wilayah Indonesia bagian barat," ujar Haryo.

"Agar tepat mutu dan biaya dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Commercial to End User by PGN akan diberlakukan. Hal ini dikarenakan PGN akan langsung menyalurkan gas bumi ke pengguna akhir. Dalam hal ini mengacu kepada pascaterbitnya Permen ESDM 6/2016 yang melarang penjualan atau niaga gas bumi bertingkat. Skema gas agent atau kerja sama komoditas sudah tidak diperkenankan," papar Haryo.

PGN juga mendukung upaya menuju Eco-Industrial Park/ Estate dengan aspek lingkungan (environment), sosial (social), dan tata kelola perusahaan (governance) pada kawasan industri. Diharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan daya saing kawasan.

Gas bumi mempunyai nilai lebih yaitu lebih rendah emisi, sekitar 50-60 Ton CO2/TJ. Nilai kalornya tinggi yaitu sebesar 12.500 kcal/kg, dua kali lebih tinggi dari batu bara yang nilai kalornya sebesar 6.000 kcal/kg. Gas bumi juga terbukti lebih ramah lingkungan dan dapat mendorong efisiensi energi.

Konsep kerja sama ini juga sejalan dengan investasi berbasis environmental, social, and corporate governance (ESG) yang tidak mengejar keuntungan semata, melainkan memperhatikan segi kebermanfaatan usaha bagi lingkungan, masyarakat, dan pemerintah. Dengan begitu dapat membuat nilai perusahaan menjadi naik secara signifikan dalam jangka panjang, serta meningkatkan kemungkinan insentif yang diberikan lender dengan biaya rendah.

"PGN akan menggunakan parameter-parameter kunci komersial yang tepat dalam kolaborasi antara PGN dan pengelola Kawasan Industri sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Di sisi lain tetap memperhatikan faktor teknis yang tepat dalam pengembangan infrastruktur gasnya agar pemanfaatan gas bumi dapat benar-benar meningkatkan daya saing industri guna memacu pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas," tutup Haryo

Rakor Bersama KI BUMN ini juga dihadiri oleh PT Danareksa - PT PPA sebagai pemimpin Kluster KI BUMN, PT Kawasan Industri Medan (KIM), PT JIEP, PT Kawasan Industri Makasar (KIMA), PT Kawasan Berserikat Nusantara (KBN), PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

(akn/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.