Note

Siapa 'Orang Kuat' yang Dorong Pemerintah Bikin Tax Amnesty Lagi?

· Views 14
Siapa 'Orang Kuat' yang Dorong Pemerintah Bikin Tax Amnesty Lagi?
Foto: Maikel Jefriando-detikFinance
Jakarta

Program pengampunan pajak alias tax amnesty sudah pernah dilakukan pemerintah, dan janjinya waktu itu cuma dilakukan satu kali. Jadi kalau waktu itu nggak ikutan, kesempatannya sudah nggak ada lagi.

Namun seiring berjalannya waktu, tiba-tiba muncul lagi wacana tax amnesty jilid II. Siapa kira-kira yang bisa mendorong pemerintah akhirnya 'melunak' dan membuka pembahasan untuk amnesti pajak sekali lagi?

Bahkan, wacana ini segera dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama pemerintah. Menurut Ekonom Senior Faisal Basri, ada 'orang kuat' di balik rencana pemerintah ini.

"Ini karena pemerintah takut memburu pembayar pajak yang nakal. Jadi kan harusnya pemerintah menegakkan aturan, memburu pembayar pajak yang tidak benar dan tidak ikut tax amnesty, kenakan denda 100- 200%," ujarnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV, dikutip Kamis (27/5/2021).

"Tapi sangat boleh jadi orang-orang itu orang-orang kuat. Nah oleh karena itu diberikan jalan," tegas Faisal.

Faisal menuding orang-orang tersebut berada dalam lingkaran terdekat Presiden Joko Widodo (Jokowi), bisa jadi politikus maupun pengusaha. Sehingga sulit bagi petugas pajak untuk mengejar hak dari negara.

"Orang kuat itu ada di dalam pusaran terdalam politik. mereka dekat dengan inti kekuasaan, dan mereka punya pengaruh politik yang besar," terangnya. Faisal tidak menyebutkan secara spesifik orang yang dimaksud.

Faisal juga beranggapan bahwa kebijakan tersebut belum disetujui oleh kabinet. Meskipun tax amnesty menjadi pembahasan dalam revisi Undang-undang (UU) Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), di mana surat presiden sudah diberikan kepada DPR.

Lanjut ke halaman berikutnya, klik di sini.



Simak Video "Dear YouTuber hingga Selebgram, Jangan Lupa Lapor Pajak Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.