Note

Prospek AUD/USD: Penembusan Bearish Tampaknya Akan Segera Terjadi, Penjualan Ritel AS Ditunggu

· Views 11
  • AUD/USD naik turun antara sedikit kenaikan/sedikit penurunan pada hari Kamis dan berakhir dengan nada datar.
  • Pembalikkan dalam sentimen risiko merusak safe-haven USD dan menguntungkan AUD.
  • Investor sekarang menantikan data Penjualan Ritel AS bulanan untuk dorongan arah baru.

Pasangan AUD/USD memiliki beberapa pergerakan harga dua arah yang baik pada hari Kamis dan dipengaruhi oleh kombinasi kekuatan divergen. Dolar AS dibangun di atas kenaikan yang terinspirasi dari IHK AS hari sebelumnya yang lebih panas dari perkiraan dan naik ke puncak satu minggu. Hal ini, pada gilirannya, dipandang sebagai faktor utama yang memberikan beberapa tekanan ke bawah dan menyeret pasangan ini di bawah level 0,7700, atau terendah lebih dari satu minggu. Namun, kombinasi berbagai faktor tetap membatasi setiap kenaikan greenback yang berarti dan membantu pasangan ini untuk menarik beberapa pembelian di level yang lebih rendah.

Pullback tajam dalam imbal hasil obligasi Treasury AS menahan pembeli USD untuk menempatkan taruhan agresif. Ini, bersama dengan perubahan haluan positif di pasar ekuitas, selanjutnya bertindak sebagai hambatan bagi mata uang safe-haven. Pasangan ini pulih hampir 60 pip dari level di bawah 0,7700, meskipun tidak memiliki tindak lanjut yang kuat. Data ekonomi AS yang optimis membantu membatasi penurunan intraday USD dan membatasi kenaikan untuk mata uang utama. Faktanya, jumlah rakyat Amerika yang mengajukan asuransi pengangguran turun ke level terendah 14 bulan di 473 ribu selama pekan yang berakhir 8 Mei.

Secara terpisah, Indeks Harga Produsen naik 0,6% di bulan April dan 6,2% thn/thn, melampaui perkiraan konsensus. Dengan latar belakang laporan IHK AS yang membara minggu ini, hal tersebut menunjukkan peningkatan tekanan inflasi di AS di tengah membaiknya prospek pertumbuhan, rencana belanja infrastruktur dan langkah-langkah stimulus terkait pandemi. Meskipun demikian, data tersebut gagal mengubah pandangan Fed bahwa lonjakan inflasi akan bersifat sementara. Pasangan ini akhirnya menetap hampir tidak berubah untuk hari ini dan tetap terbatas dalam kisaran sepanjang sesi Asia pada hari Jumat.

Perhatian pasar sekarang bergeser ke data Penjualan Ritel bulanan AS, yang akan dirilis nanti selama awal sesi Amerika Utara. Laporan tersebut akan dicermati dengan ketat untuk panduan terhadap apakah tekanan ke atas pada harga akan berlanjut. Ini akan memainkan peran kunci dalam mendorong ekspektasi suku bunga Fed dan memengaruhi dinamika harga USD jangka pendek. Selain itu, sentimen risiko pasar yang lebih luas akan berkontribusi untuk menghasilkan beberapa peluang perdagangan yang berarti pada hari terakhir dalam sepekan ini.

Prospek teknis jangka pendek

Dari perspektif teknis, ketahanan semalam di bawah 0,7700 dan pemulihan berikutnya memerlukan beberapa kehati-hatian bagi pedagang yang bearish. Ini membuatnya bijaksana untuk menunggu penerimaan di bawah level yang disebutkan sebelum memposisikan kelanjutan penurunan koreksi minggu ini dari area 0,7890, atau puncak dua setengah bulan.

Penembusan berkelanjutan juga akan mencatat penembusan bearish melalui support pertemuan – terdiri dari SMA 100-hari, level Fibonacci 50% dari pergerakan positif 0,7531-0,7890 dan garis tren miring ke atas. Yang terakhir, bersama dengan garis tren naik lainnya, merupakan pembentukan pola bearish wedge naik pada grafik harian.

Pasangan ini mungkin akan melemah lebih jauh di bawah level Fibonacci 61,8%, di sekitar wilayah 0,7670 dan mempercepat penurunan untuk menguji level 0,7600. Sejumlah tindak lanjut penjualan di bawah wilayah 0,7575-70 akan mengekspos posisi terendah tahun berjalan, di sekitar wilayah 0,7530 sebelum pasangan ini akhirnya turun ke level  psikologis utama di 0,7500.

Di sisi lain, swing high semalam, di sekitar wilayah 0,7745, mendekati level  Fibonacci 38,2% sekarang tampaknya bertindak sebagai rintangan kuat terdekat. Pergerakan berkelanjutan di atas level itu seharusnya memungkinkan pembeli untuk kembali ke level0,7800. Level yang disebutkan bertepatan dengan level Fibonacci 23,6%, yang jika disingkirkan akan membuka jalan untuk kenaikan tambahan.

Target relevan berikutnya ke sisi atas dipatok di dekat wilayah 0,7855, di atasnya pasangan ini tampaknya siap untuk naik kembali ke level 0,7900. Momentum selanjutnya bisa diperpanjang menuju ressistance menengah 0,7965-70 sebelum pasangan ini akhirnya melesat untuk menaklukkan level psikologis utama 0,8000.

Prospek AUD/USD: Penembusan Bearish Tampaknya Akan Segera Terjadi, Penjualan Ritel AS Ditunggu

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.