Note

Kapan Laporan Pekerjaan Bulanan (NFP) AS dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap EUR/USD?

· Views 75

Ikhtisar laporan pekerjaan bulanan AS

Data ekonomi AS hari Jumat menyoroti rilis data pekerjaan bulanan AS yang diawasi dengan ketat. Laporan tersebut dijadwalkan akan dirilis pada 12:30 GMT / 29:30 WIB dan ekonom mengantisipasi data NFP yang kuat lagi, menunjukkan bahwa ekonomi menambahkan 978 ribu pekerjaan baru pada bulan April. Ini akan menandai pembacaan terkuat dalam delapan bulan terakhir, cukup untuk mendorong tingkat pengangguran ke 5,8% dari 6,0% di bulan Maret.

Sementara itu, analis di TD Securities tidak terlalu optimis terhdap laporan tersebut dan menjelaskan: "Payrolls mungkin melonjak lagi, dibantu oleh stimulus fiskal dan pelonggaran pembatasan COVID-19, meskipun tidak pada tingkat yang sama seperti di bulan Maret (916 Ribu). Kami memperkirakan NFP meningkat 875 ribu di bulan April, dengan peringatan bahwa ketidakpastian terhadap penyesuaian musiman meningkatkan potensi kejutan. Tingkat pengangguran kemungkinan turun lagi."

Bagaimana data tersebut dapat memengaruhi EUR/USD?

Investor telah memperkirakan prospek pemulihan ekonomi AS yang relatif lebih cepat di tengah kebijakan moneter/fiskal yang sangat longgar dan langkah vaksinasi yang mengesankan. Selain itu, Fed telah berulang kali meyakinkan untuk mempertahankan sikap kebijakan akomodatifnya lebih jauh dalam pemulihan, menunjukkan bahwa data pekerjaan yang optimis saja tidak dapat memicu kenaikan yang berarti bagi dolar AS.

Oleh karena itu, setiap reaksi pasar langsung terhadap data yang lebih kuat dari yang diantisipasi lebih cenderung berumur pendek atau tidak banyak mendorong penjualan agresif di sekitar pasangan EUR/USD. Sebaliknya, pembacaan yang lebih lemah bisa melihat USD jatuh lebih jauh dan mendorong mata uang utama lebih jauh melampaui level 1,2100. Kesimpulannya, jalur yang paling mungkin bagi mata uang utama tetap naik.

Yohay Elam, Analis FXStreet sendiri menawarkan prospek teknis singkat untuk mata uang utama: “Grafik empat jam melukiskan gambaran beragam. Sementara momentum kenaikan telah menghilang, pasangan mata uang ini masih diperdagangkan di atas 50 Simple Moving Average (SMA). Indeks Kekuatan Relatif seimbang."

Yohay juga menawarkan level teknis penting untuk memperdagangkan pasangan EUR/USD: “Support menunggu di 1,2045, di mana SMA 100 menyentuh harga. Diikuti oleh 1,2015, 1,1990 dan akhirnya oleh 1,1945. Resistance berada di tertinggi harian 1,2070, diikuti oleh 1,2120 dan puncak April di 1,2150."

Catatan Penting

Pratinjau Nonfarm Payrolls AS April: Ketika Ekonomi Berkembang Pesat, Yang Terpenting Adalah Tentang Suku Bunga

Pratinjau Nonfarm Payrolls: Perkiraan Dari Delapan Bank Besar Untuk Laporan Tenaga Kerja April

Perkiraan EUR/USD: Peluang Jual? Mengapa Ekspektasi Nonfarm Payrolls Bisa Terlalu Rendah

Tentang laporan pekerjaan bulanan AS

Nonfarm payrolls yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menyajikan jumlah pekerjaan baru yang diciptakan selama bulan sebelumnya, di semua bisnis non-pertanian. Perubahan bulanan dalam payroll bisa sangat tidak stabil, karena hubungannya yang tinggi dengan keputusan kebijakan ekonomi yang dibuat oleh Bank Sentral. Jumlah tersebut juga tunduk pada tinjauan kuat dalam beberapa bulan mendatang, dan ulasan tersebut juga cenderung memicu volatilitas di bursa valas. Secara umum, pembacaan tinggi dipandang sebagai positif (atau bullish) untuk USD, sementara pembacaan rendah dipandang sebagai negatif (atau bearish), meskipun ulasan bulan-bulan sebelumnya dan tingkat pengangguran sama relevannya dengan gambaran utama.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.