Note

Biar Bujet THR Bisa Maksimal, Begini Cara Ngaturnya!

· Views 20

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagian besar Tunjangan Hari Raya (THR) perusahaan memang sudah cair jika mengacu pada ketentuan THR tahun 2021 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2016 bahwa pembayaran THR harus diberikan H-7 sebelum hari raya.

Tapi pernah merasa THR langsung boncos sebelum Lebaran tiba?

Sebelum itu terjadi lagi di tahun ini, yuk maksimalkan THR supaya gak cepet boncos!


Perencana keuangan Ken Handersen menjelaskan, ketika THR sudah cair, disarankan untuk memisahkan terlebih dulu pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari.

"Ketika ada uang lebih, harus budgeting mana yang kita pakai buat kebutuhan lebaran, beli baju baru atau apapun untuk keluarga," jelas Ken dalam program Evening Up, CNBC Indonesia 'BRI Cuap-Cuap Cuan Berkah' dikutip Kamis (6/5/2021).

Baca:
Punya Gaji UMR? Begini Strategi yang Cocok buat Beli Rumah

Menurut Ken, penting untuk membuat list, apa saja yang jadi kebutuhan dan keinginan setiap bulan. Karena seringkali, ketika seseorang menerima uang dalam bentuk cash, lalu kalap membeli apa saja yang mereka inginkan.

"Gak heran ketika beli yang semua dia mau dan duitnya habis, baru ngerasa kok THR kayak lewat doang," kata Ken melanjutkan.

Ketika sudah membuat list, jangan lupa juga untuk mencatat berapa saja yang sudah dibelanjakan. Nanti akan tahu, seperti apa budgeting dan realitanya.

"Kita tau bocornya di mana saja, sehingga dengan yang kita punya, kita punya planning tahun depan."

Jika ada uang THR yang tersisa, daripada menganggur, bisa untuk diinvestasikan. Bisa dengan mencari instrumen investasi yang risikonya rendah atau biasanya investasi yang berjangka waktu satu tahun, sehingga ketika risiko terburuk akhirnya terjadi, maka risikonya rendah.

Ken menyarankan untuk berinvestasi ke dalam reksa dana pasar uang, karena risikonya kecil.

"Tapi jangan mengharap dengan return [imbal hasil] yang besar, karena risikonya rendah. Paling tidak uang yang kita sisihkan uangnya ikutan berbunga, nambah-nambah buat kita," jelas pemilik Qualified Wealth Planner dan founder Gatherich ini.

Sebagai informasi, menurut definisi di OJK, reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang memiliki kebijakan investasi 100% pada instrumen pasar uang atau surat berharga dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Baca:
THR PNS Sudah, Ini Jadwal Pencairan Gaji ke-13


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.