Note

Garap AstraPay, Ini Bocoran Rekomendasi & Target Saham Astra

· Views 34

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Astra International Tbk (ASII) tidak mau ketinggalan menggarap bisnis uang elektronik dengan AstraPay. Dengan masuknya Astra ke lini bisnis uang elektronik, bagaimana pengaruh pada sahamnya tahun ini?

Thomas Nugroho, Head of Retail Equity PT RHB Sekuritas Indonesia mengatakan berdasarkan riset yang sudah dilakukan, target harga saham dari ASII sampai dengan akhir tahun ini adalah di harga Rp 6.900/saham.

"Dari coverage research kami target price ASII adalah Rp 6.900 sampai tahun ini berakhir," paparnya dalam InvesTime CNBC Indonesia, Jumat malam, (23/04/2021).


Dia mengatakan price to book value (PBV) atau rasio harga saham terhadap nilai buku dari Astra International yakni sebanyak 1,2 kali - 1,3 kali. Nilai buku ini menurutnya menjadi valuasi yang bagus bagi Astra yang terbilang murah dibanding sektornya. Angka PBV antara 1-2 kali, lazimnya menandakan satu saham murah dibanding saham kompetitornya.

Baca:
Siaga Longsor! IHSG ke Bawah Level Psikologis 6.000 Lagi

"Nilai buku ini menurut saya very good valuation for Astra terbilang murah," tuturnya.

Kehadiran AstraPay kian meramaikan dompet digital sebelumnya milik Gojek yakni Gopay, lalu OVO, DANA, dan milik BUMN LinkAja.

Sebelumnya, Direktur Astra International, Suparno Djasmin menjelaskan, bisnis uang elektronik termasuk segmen yang dilirik Grup Astra untuk melengkapi layanan jasa keuangan, terutama untuk di ekosistem pelanggan Astra.

"Kita masuk ke dalam e-money ini untuk melengkapi layanan jasa keuangan Astra kepada seluruh pelanggan Astra dalam jasa keuangan maupun ekosistem Astra," kata Suparno Djasmin, dalam konferensi pers usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis (22/4/2021).

Ia berharap, dengan masuk ke layanan tersebut, bisa meluaskan layanan jasa keuangan Grup Astra kepada pelanggannya.

Situs resmi AstraPay mencatat, AstraPay adalah layanan alat pembayaran berbasis mobile yang diterbitkan oleh PT Astra Digital Arta.

AstraPay merupakan layanan uang elektronik, dan nilai uang elektronik yang dikelola di AstraPay bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Pada sesi I, Senin ini (26/4/2021), saham ASII naik 0,44% di posisi Rp 5.650.saham. Nilai transaksi saham ASII mencapai Rp 164 miliar dengan volume perdagangan 29 juta saham. Saham induk Grup Astra ini sempat menyentuh level tertinggi tahun ini pada pertengahan Januari silam yakni di posisi Rp 6800/saham.

Baca:
Balas Dendam! HMSP Salip Lagi Emtek, Market Cap Astra Melesat

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.