Note

Bukan Bitcoin, Ini Komoditas yang Harganya Meroket Paling Tinggi Sepanjang 2021

· Views 5

Bisnis.com, JAKARTA – Harga iridium menjadi komoditas dengan performa harga terbaik hingga akhir Maret 2021 setelah melesat lebih dari 100 persen.

Dilansir dari Bloomberg, Minggu (28/3/2021), harga logam yang merupakan produk sampingan platina dan palladium ini berada di level US$6.000 per ounce, atau tiga kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan logam mulia lainnya, emas.

Adapun menurut perusahaan pemurni logam Heraeus Group, harga iridium telah meroket 131 persen sejak awal Januari tahun ini. Kenaikan ini jauh berada di atas harga komoditas kripto, Bitcoin, yang harganya naik 85 persen pada periode yang sama.

“Kenaikan harga iridium disebabkan oleh gangguan pasokan sepanjang tahun lalu dan meningkatnya permintaan logam ini untuk pembuatan layar-layar elektronik,” jelas manajemen Heraeus Group dikutip dari Bloomberg, Minggu (28/3/2021).

Salah satu daya tarik iridium adalah investasi yang terbatas pada produksi platina, yang mayoritas digunakan pada industri otomotif untuk mengurangi emisi. Sedangkan, investor mempertimbangkan potensi kenaikan permintaan platina dari teknologi hidrogen baru terhadap pergeseran ke pasar kendaraan listrik.

Dengan pangsa pasar yang jauh lebih kecil dibandingkan logam mulia lainnya, terhambatnya produksi akan menimbulkan dampak besar pada pergerakan harga. Hal ini juga didukung oleh mayoritas permintaan iridium yang didominasi sektor industri.

Selain itu, komoditas yang digunakan pada pembuatan busi kendaraan ini juga tidak diperdagangkan di bursa manapun atau melalui exchange traded funds (ETF). Pembelian oleh investor ritel dibatasi dalam beberapa batang logam atau disebut ingots dari sejumlah pedagang, sementara investor besar membeli langsung dari produsen logam ini.

Portfolio Manager di Valent Asset Management Jay Tatum mengatakan, waktu antara pesanan dan pengiriman iridium (lead time) di sisi pasokan terlalu lama untuk menambah pasokan logam ini secara tepat waktu.

“Satu-satunya solusi jangka pendek adalah harga yang tinggi akan membuat para investor menjual kepemilikannya,” kata Tatum.

Di sisi lain, reli harga iridium juga berdampak pada kenaikan harga logam kelompok platina. Harga palladium saat ini berada 9 persen dibawah rekor harga tertinggi sepanjang sejarah, sementara harga rhodium mencapai rekor tertinggi pada US$29.800 per ounce pada pekan ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.