Note

Pasar Berjangka Eropa Beragam, Data Ketenagakerjaan AS Jadi Fokus

Verified Official
· View 133
Pasar Berjangka Eropa Beragam, Data Ketenagakerjaan AS Jadi Fokus

Pasar saham berjangka Eropa bergerak ragam pada Jumat (03/09) petang dan investor menunggu rilis data ketenagakerjaan utama AS yang dapat memengaruhi kebijakan moneter Federal Reserve di masa depan.

Pada pukul 14.02 WIB, DAX futures di Jerman naik 0,19% di 15.847,0, CAC 40 futures di Prancis turun 0,195 di 6.748,2 dan FTSE 100 futures di Inggris naik tipis 0,02% di 7.166,0. Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,46% di 6.106,44 pukul 14.29 WIB.

Fokus utama hari Jumat adalah publikasi data ketenagakerjaan nonpertanian AS, pada pukul 08:30 AM ET (1230 GMT), yang mana angka perekrutan kemungkinan akan sangat melambat pada Agustus menjadi 750.000, setelah menambahkan 943.000 pekerjaan pada bulan Juli, tumbuh dengan laju tercepatnya dalam hampir satu tahun.

Ketua Fed Jerome Powell telah menjelaskan bahwa peningkatan jumlah pekerjaan adalah prasyarat utama yang tersisa bagi bank sentral untuk mulai mengurangi stimulus moneternya yang luar biasa. Namun, bukti anekdotal telah menunjukkan beberapa perlambatan ekonomi dalam beberapa pekan terakhir pasalnya gelombang baru pandemi telah mendapatkan kekuatan. Dengan demikian, investor akan mengamati data pekerjaan untuk mengetahui waktu dan kecepatan pengurangan AS yang lebih baik, mengingat penciptaan likuiditas The Fed telah menjadi kekuatan pendorong di balik reli selama 18 bulan terakhir.

Menjelang acara utama, pasar Eropa menerima serah terima yang beragam dari saham di Asia. Nikkei Jepang naik 2% setelah Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan pada hari Jumat bahwa ia akan mundur dan mengakhiri pemerintahannya yang singkat akibat dirusak oleh respons Covid-19 yang tidak populer.

Namun, saham-saham di China bertahan usai sektor jasa negara memasuki wilayah kontraksi pada Agustus, lantaran Indeks manajer pembelian jasa Caixin jatuh ke 46,7, level terendah sejak April 2020.

Kembali ke Eropa, data ekonomi utama hari ini adalah data PMI jasa Agustus dan penjualan ritel Juli untuk Zona Euro.

Harga minyak mentah bervariasi pada hari Jumat. Trader berhati-hati mengambil posisi besar menjelang laporan ketenagakerjaan utama.

Meskipun demikian, pasar minyak menuju kenaikan mingguan berturut-turut, didukung oleh penurunan persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan di di tengah gangguan yang disebabkan oleh Badai Ida.

Keuntungan ini datang bahkan ketika Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan mitranya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, mengkonfirmasi niatnya untuk menambah pasokan sebanyak 400.000 barel per hari pada Oktober. OPEC menaikkan perkiraan permintaannya untuk tahun depan pada waktu yang sama.

Pada pukul 14.11 WIB, harga minyak mentah berjangka AS turun 0,31% di $69,77 per barel dan harga minyak Brent turun 0,14% di $72,93 per barel. Kedua kontrak naik sekitar 2% pada hari Kamis, menempatkan keduanya di jalur untuk kenaikan minggu ini.

Selain itu, harga emas berjangka naik 0,20% di $1.815,05/oz, sementara EUR/USD naik tipis 0,04% di 1,1877.


Diunggah ulang dari investing, semua hak cipta dimiliki oleh penulis asli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No older comments, be the first to grab the sofa.

login