Note

Dolar AS Lanjut Naik Tipis, Pasar Fokus Data Ketenagakerjaan

Verified Official
· View 149
Dolar AS Lanjut Naik Tipis, Pasar Fokus Data Ketenagakerjaan

Dolar AS lanjut naik tipis pada Rabu (01/09) petang, tetapi masih mendekati level terendah dalam tiga minggu, setelah data ekonomi yang lemah dari China dan Zona Euro.

Pada pukul 15.00 WIB, indeks dolar AS naik tipis 0,09% di 92,718 menurut data Investing.com setelah turun ke level terendah di 92,395 untuk pertama kalinya sejak 6 Agustus pada hari Selasa.

EUR/USD turun tipis 0,01% di 1,1806, setelah naik ke 1,1845 di sesi sebelumnya, tertinggi sejak 5 Agustus, USD/JPY menguat 0,32% di 110,38, GBP/USD stabil di level 1,3754 dan AUD/USD naik 0,40% di 0,7344. Sedangkan rupiah ditutup melemah 0,12% di 14.282,5 per dolar AS hingga pukul 14.59 WIB.

Indeks manajer pembelian manufaktur Caixin China turun menjadi 49,2 pada bulan Agustus, di bawah angka yang menunjukkan pertumbuhan 50, berkontraksi untuk pertama kalinya sejak April 2020. Rilis tersebut menunjukkan perlambatan momentum pertumbuhan di negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu setelah China memberlakukan langkah-langkah ketat untuk mengendalikan kasus virus baru bulan lalu. USD/CNY naik tipis 0,08% di 6,4652 pukul 15.07 WIB.

Tanda lebih lanjut dari momentum perlambatan terlihat jelas di Jerman, di mana penjualan ritel jatuh 5,1% pada bulan Juli, jauh lebih besar daripada yang diharapkan. Meskipun demikian, komentar optimis dari Wakil Presiden European Central Bank Luis de Guindos dan pengambil kebijakan Robert Holzmann dan Klaas Knot semuanya menunjukkan kemungkinan kebijakan ECB berubah sedikit lebih ketat menjelang akhir tahun.

Namun, ini adalah laporan ketenagakerjaan AS bulan Agustus, yang akan dirilis pada hari Jumat, yang tetap menjadi perhatian utama.

"Pada tahap ini, tampaknya pengumuman pengurangan September akan sangat bergantung pada data pekerjaan AS minggu ini," kata analis di ING dalam catatan. "Angka kuat lainnya akan memberikan beberapa dukungan terhadap dolar yang sebaliknya tetap mengalami penawaran luas sejak awal minggu ini."

Ketenagakerjaan diperkirakan akan meningkat sekitar 750.000 pada bulan Agustus, angka yang kuat, tetapi ini masih akan menunjukkan penurunan dari pertumbuhan 943.000 bulan sebelumnya. Survei ADP untuk perekrutan sektor swasta dijadwalkan rilis pada pukul 8:15 AM ET (1215 GMT).

Dolar melemah akibat komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Jumat silam, yang mengindikasikan bank sentral kemungkinan masih akan mulai mengurangi pembelian asetnya tahun ini tetapi tidak memiliki rencana untuk mulai menaikkan suku bunga dalam waktu dekat.

"Ada desakan di FOMC untuk memutuskan hubungan tapering dan pengetatan," tambah ING, dan ini "pada akhirnya membebani dolar karena ketidakpastian di sekitar kenaikan suku bunga 2022 (yang, bagaimanapun, tetap menjadi bagian dari perkiraan ekonom kami)."

Juga membebani greenback adalah rilis indeks kepercayaan konsumen Conference Board AS pada hari Selasa, yang berada di level terendah enam bulan.


Diunggah ulang dari investing, semua hak cipta dimiliki oleh penulis asli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No older comments, be the first to grab the sofa.

login