Note

Komoditas Minggu Ini: Minyak Mendekati $70-an Karena Badai Ida; Emas $1,830

Verified Official
· View 141

Minyak terlihat bergerak ke lebih dari $70 per barel minggu ini setelah Badai Ida menutup terminal minyak mentah AS milik swasta terbesar dan memproduksi hampir setengah dari kapasitas penyulingan negara itu, dengan pejabat industri memperkirakan bahwa diperlukan waktu berminggu-minggu agar pasokan menjadi normal.

Komoditas Minggu Ini: Minyak Mendekati $70-an Karena Badai Ida; Emas $1,830

Emas, sementara itu, diperkirakan akan menghadapi resistance pertama di $1.830 per ounce atau di pertengahan $1.800 menjelang laporan pekerjaan AS untuk Agustus yang jatuh tempo hari Jumat ini.

Komoditas Minggu Ini: Minyak Mendekati $70-an Karena Badai Ida; Emas $1,830

Gold Daily

West Texas Intermediate, tolok ukur untuk minyak AS, mencapai level tertinggi tiga minggu di $69,61 pada sesi pra-New York Senin karena penutupan LOOP, atau Louisiana Offshore Oil Port, menghentikan pengiriman minyak mentah ke kilang.

Brent yang diperdagangkan di London, tolok ukur untuk minyak global, mencapai level tertinggi empat minggu di $72,67 per barel.

Ida Menghantam LOOP

LOOP, terletak di 18 mil laut (29 km) di lepas pantai Louisiana. LOOP adalah kilang minyak pribadi terbesar di Amerika Serikat dan satu-satunya di laut dalam yang mampu membongkar muatan supertanker. LOOP menyediakan sekitar 10-15% minyak domestik negara itu, 10-15% dari impor nasional minyak asing, dan juga terhubung ke sekitar setengah dari kapasitas penyulingan AS. LOOP juga melayani 90% dari produksi kilang minyak lepas pantai di Teluk Meksiko.

Diperlukan waktu berminggu-minggu agar persediaan menjadi normal, kata mereka yang mengetahui situasi tersebut.

"Untuk Kategori 4 (Badai), bisa memakan waktu empat hingga enam minggu baru kemudian kilang bisa normal kembali," Andy Lipow, presiden Lipow Oil Associates LLC di Houston, mengatakan kepada Bloomberg.

Bahkan sebelum penutupan LOOP, lebih dari 95% produksi minyak Teluk Meksiko AS, atau sekitar 1,74 juta barel per hari telah ditangguhkan sebagai tindakan pencegahan atas Ida. Teluk memasok sekitar 17% minyak negara. Lebih dari 45% dari total kapasitas penyulingan AS juga berlokasi di sana.

LOOP didirikan pada tahun 1972 dan menjadi perseroan terbatas pada tahun 1996 sebagai perusahaan patungan antara Marathon Pipe Line (NYSE:MRO), Shell (NYSE:RDSa) dan unit Valero Energy (NYSE:VLO).

Pelabuhan yang terkait dengan energi lainnya di Louisiana selatan, termasuk Houma dan Pelabuhan New Orleans, juga ditutup pada hari Minggu. Di Mississippi, pelabuhan di Biloxi, Gulfport dan Pascagoula serta Gulf Intracoastal Waterway juga ditutup.

Emas mengincar $1.830 pada Fed Taper Halt

Emas front-month di COMEX New York mencapai puncak empat minggu di $1.826,30, memperpanjang reli Jumat yang didorong oleh keputusan Ketua Fed Jerome Powell untuk menunda pengurangan pengeluaran stimulus bank sentral yang telah mendorong saham, emas, dan aset sensitif inflasi lainnya sejak wabah COVID 18 bulan lalu.

 Emas bisa melewati "tiga resistance utama dari $1835-1840/oz" jika Departemen Tenaga Kerja melaporkan laporan nonfarm payrolls yang lebih lemah dari perkiraan untuk Agustus hari Jumat ini, kata Phillip Streible, ahli strategi logam mulia di Chicago's Blueline Futures.

Tetapi beberapa analis, termasuk Sunil Kumar Dixit dari SK Dixit Charting di Kolkata, India, memperkirakan pergerakan naik terbatas untuk emas menjelang laporan pekerjaan.

Dixit mengatakan:

“Dari titik ini, kami memperkirakan kenaikan terbatas di $1.825 dimana penjual dapat mencoba untuk menetapkan posisi teratas regional, yang mungkin lebih lanjut ditegaskan oleh pelemahan harga di bawah area support $1811-1800 dengan $1.795 bertindak sebagai support penting."

"Tindakan harga yang kuat di atas $1,825 dapat membuka jalan bagi kelanjutan kenaikan ke $1,838-1,868."

Para ekonom telah memperkirakan pertumbuhan pekerjaan AS konservatif sebesar 728.000 untuk Agustus. Jika jumlahnya ternyata sama baiknya dengan bulan Juli di 943.000, maka pengangguran AS, yang mencapai 5,4% bulan lalu, bisa lebih dekat ke kisaran 4% yang didefinisikan Fed sebagai keadaan "pekerjaan penuh." Hal itu bisa memotivasi bank sentral untuk mempercepat penurunan obligasi gabungan senilai $120 miliar dan sekuritas yang didukung hipotek agensi yang telah dibelinya sejak Maret 2020.

Tetapi jika laporan pekerjaan mengecewakan, maka pengurangan pembelian obligasi tidak bisa dibatalkan.

Memulihkan pertumbuhan pekerjaan tetap menjadi salah satu tantangan terbesar pembuat kebijakan Fed setelah lebih dari setahun berada dalam krisis COVID-19. Lebih dari 21 juta orang Amerika kehilangan pekerjaan antara Maret dan April 2020, pada puncak lockdown, dan sekitar 7 juta pekerjaan masih kosong, kata para pejabat.

Yang pasti, Powell memusatkan perhatian pada ketenagakerjaan dalam pidatonya di Simposium Jackson Hole hari Jumat di mana ia memutuskan untuk menunda pengurangan stimulus Fed untuk saat ini.

"Waktu dan kecepatan pengurangan pembelian aset yang akan datang tidak akan dimaksudkan untuk membawa sinyal langsung mengenai waktu kenaikan suku bunga, di mana kami telah mengartikulasikan pengujian yang berbeda dan secara substansial lebih ketat,” Powel mengatakan. Ketua Fed juga menekankan perlunya menghindari "langkah kebijakan yang tidak tepat waktu" di tengah berlanjutnya ketidakpastian baru dari varian Delta.

"Hari ini, dengan kelonggaran substansial yang tersisa di pasar tenaga kerja dan pandemi terus berlanjut, kesalahan seperti itu bisa sangat berbahaya," tambah Ketua Fed.

Streible, seorang ahli strategi, setuju, dan mengatakan:

"Sebagai investor emas dan perak perak, Anda ingin melihat pemulihan yang berkepanjangan di pasar tenaga kerja, yang mengarah ke lintasan yang lebih panjang dari pemulihan harga baru-baru ini."

Disclaimer: Barani Krishnan menggunakan berbagai pandangan dari luar untuk membawa keragaman dalam analisisnya tentang berbagai pasar. Untuk netralitas, ia terkadang menyajikan pandangan dan variabel pasar yang berbeda. Dia tidak memegang posisi pada komoditas dan sekuritas yang dia tulis. 


Diunggah ulang dari investing, semua hak cipta dimiliki oleh penulis asli.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No older comments, be the first to grab the sofa.

login